Lulusan SMA juga Bisa Dapat Gaji Tinggi, Coba Deh 10 Pekerjaan Ini

Lulus SMA lebih pilih langsung cari pekerjaan dibanding melanjutkan pendidikan? Meski hal ini sering dipandang sebelah mata, tapi sah-sah aja kok. Faktanya banyak faktor yang bikin para lulusan SMA menunda kuliah atau bahkan gak berminat kuliah sama sekali. Salah satunya soal biaya.

Emang sih pendidikan bisa membuka banyak peluang kesuksesan di masa depan. Tapi, bukan berarti kamu yang gak kuliah gak bisa mengubah nasib jadi lebih baik.

Banyak kok pekerjaan buat lulusan SMA yang tetap bergengsi dan memberi gaji tinggi. Contohnya aja 10 pekerjaan di bawah ini.

1.  Pramugari

pekerjaan
(Image: sekolahpramugari)

Bekerja sebagai pramugari tentu aja punyakebanggan tersendiri. Pekerjaan ini bisa bikin kamu jalan-jalan gratis.

Penghasilannya juga gak usah ditanya, bisa lebih besar dari lulusan sarjana atau malah S2. Gaji pramugari junior mulai dari Rp 5 juta, itu belum termasuk berbagai tunjangan.

Fasilitas yang didapatkan saat bekerja juga lumayan banget, misalnya minimal penginapan yang diberikan adalah hotel bintang empat.

Saat ini emang udah banyak sekolah-sekolah khusus pramugari, tapi lowongan kerjanya terbuka buat siapa aja, termasuk lulusan SMA, SMK atau MA.

2. Asisten Pilot

pekerjaan
(Image: inovasee)

Beberapa maskapai penerbangan di Indonesia membuka lowongan buat asisten pilot atau bahkan pilot. Setelah lulus seleksi, kamu bakal diberikan pelatihan dan pendidikan khusus selama beberapa waktu.

Umumnya lama pendidikan buat pekerjaan yang satu ini sekitar 112-150 hari, tergantung jenis pesawat yang bakal diterbangkan.

3. Polisi

pekerjaan
(Image: tribunnews)

Buat jadi polisi, kamu bisa masuk akademi kepolisian. Tapi, kalau gak berminat mengikuti pendidikan lanjutan tersebut, kamu bisa kok langsung mengikuti seleksinya.

Persyaratan pendidikan jadi polisi salah satunya adalah lulusan SMA dari berbagai jurusan.

Cek di sini buat tahu persyaratan lainnya.

4. Content Writer

pekerjaan
(Image: internshala)

Zaman sekarang, penulis konten terutama konten digital lagi banyak dicari, lho. Biasanya gak ada standar pendidikan khusus buat pekerjaan ini. Asal kemampuan menulis mumpuni, kamu pasti diterima.

Enaknya, profesi ini dapat dilakukan secara full  time maupun sebagai pekerjaan sampingan.

Buat meningkatkan skill dan menambah portofolio, rajin-rajinlah menulis di blog pribadi atau media online berbasis UGC (User Generated Content).

5. Sales marketing

pekerjaan
(Image: blog.sabkura)

Suka ketemu orang baru dan punya skill komunikasi yang cakep? Jadi sales marketing aja. Jangan salah lho, jika performa bagus dan target tercapai, komisi yang kamu dapatkan bisa tinggi banget.

Beberapa perusahaan, terutama perusahaan perbankan, menawarkan berbagai reward buat sales yang kompeten, dari mulai uang hingga tiket jalan-jalan.

Bonusnya lagi, jadi sales bikin kamu punya jaringan yang luas. Hal ini penting buat perkembangan kariermu ke depannya.

6. Customer Service

pekerjaan
(Image: iaot)

Beberapa perusahaan menerima lulusan SMA sebagai customer service. Gaji yang didapatkan rata-rata pada batas UMP atau bahkan lebih. Umumnya pekerjaan customer service meliputi penanganan keluhan, serta menjelaskan dan menjalankan prosedur yang berkaitan dengan klien atau pelanggan.

Meski tampak sederhana, profesi ini membutuhkan pengetahuan yang mendalam mengenai produk atau layanan perusahaan serta kemampuan melayani yang baik.

7. Petugas pemasangan dan pemeliharaan kabel listrik

pekerjaan
(Image: beritasatu)

Pekerjaan ini pas banget buat kamu lulusan SMK jurusan listrik. Tapi, jika pun bukan, gak perlu khawatir karena kamu bakal diberikan pelatihan kerja sebelum terjun di lapangan.

Pekerjaan yang satu ini menawarkan gaji pada kisaran Rp 5 jutaan per bulan.  Lumayan, kan?

8. Asisten Dokter Gigi

pekerjaan
(Image: klinikgigispesialdrlukas)

Bukan lulusan kedokteran tapi pengin kerja di rumah sakit? Nih, profesi yang cocok buatmu.

Umumnya syarat pendidikan yang diperlukan adalah minimal SMA sederajat atau diploma keperawatan gigi. Kamu bakal mendapatkan pelatihan sebelum mulai bekerja.

Gaji rata-rata asisten dokter mulai dari Rp 3 juta sampai Rp 5 juta per bulan.

9. Guru bimbel

Punya prestasi cemerlang saat sekolah? Jangan biarkan ilmu yang kamu punya menguap gitu aja.

Pekerjaan yang cocok buat kamu adalah guru bimbel atau guru les. Kamu bisa mendaftar di bimbingan belajar atau menawarkan jasa secara pribadi.

10. Jadi pengusaha

Gak ada batasan pendidikan buat jadi pengusaha. Mumpung masih muda, kamu punya kesempatan buat bereksplorasi sebanyak-banyaknya.

Meski gitu, jangan asal buka bisnis. Jika perlu konsultasilah terlebih dulu pada para pengusaha di sekitarmu yang udah cukup berhasil.

 

Itulah sejumlah pekerjaan yang bisa para lulusan SMA coba. Sekali lagi, kamu gak perlu kecil hati gak bisa atau belum menempuh jenjang yang lebih tinggi. Sebab dengan kegigihan dan kerja keras, kamu bahkan bisa punya penghasilan jauh di atas sarjana.

 

Selamat mencoba!