Jangan Gunakan Kredit Tanpa Agunan untuk 3 Hal Ini Kalau Gak Mau Pusing

“Aduuh, pusing kepala Betmen!” ujar Beni sambil ngacak-ngacak rambut.

“Woy, kenapa Ben? Ada masalah apa sih sampai kayak gitu?” tanya Doni, rekan sekerja Beni.

“Gimana nih Don, 4 bulan lagi resepsi pernikahan aku bakal digelar, tapi dana buat catering sama sewa gedung belum cukup! Apa aku ajuin KTA aja ya Don?” ungkap Beni dengan tampang kusut.

Emang ya yang namanya kebutuhan hidup selalu bertambah dan sering bikin kita pusing tujuh keliling. Meminjam dana KTA sebenarnya gak salah, hanya saja harus bijak dalam penggunaannya.

KTA sebaiknya sih gak digunakan untuk tiga hal berikut ini.

1. Uang Muka (DP)

Zaman serba canggih, mau beli barang-barang yang harganya mahal seperti rumah, mobil, motor hingga gadget pun bisa dicicil. Nah, biasanya buat yang harganya gak main-main kayak mobil dan rumah ada yang namanya uang muka alias DP.

kredit tanpa agunan
Pengin banget punya mobil jjangan sampai hilang akal ya (Beli Mobil / otomania)

Pengin banget punya rumah atau mobil tapi bingung karena gak ada dana sama sekali buat DP? Jangan lantas ambil solusi KTA ya. Kenapa? Kebayang gak kalau ambil KTA demi bisa bayar DP, berarti bakal ada utang tambahan dong!

Setelah bayar DP kan ada kewajiban buat bayar cicilan setiap bulan. Semisal DP rumah Rp 50 juta, artinya kita punya utang Rp 50 juta ke pemberi pinjaman KTA ditambah bunga yang harus dicicil secara rutin setiap bulan.

Ingat, gak berhenti sampai di situ. Cicilan tambahan mobil atau rumah setiap bulannya juga sudah menunggu. Jangka waktunya pun gak sebentar loh. Yakin sanggup bayar cicilan double setiap bulan selama bertahun-tahun?

2. Belanja konsumtif

Belanja barang-barang yang konsumtif saja sudah gak disarankan, eh ini kok malah menggunakan KTA sih. Yang namanya KTA itu kan termasuk kewajiban utang, harus dilunasi kembali setiap bulan.

kredit tanpa agunan
Belanja boleh aja ya tapi jangan pakai ‘uang panas’ (Belanja / tribunnews)

Bela-belain beli barang-barang yang sifatnya gak butuh, melainkan cuma keinginan alias lapar mata saja itu sesuatu yang sia-sia. Gak berguna. Tahu kan kalau KTA itu ada bunga, biaya denda keterlambatan, dan tanggung jawab lainnya?

Iya sih punya barang-barang bagus, bermerek, jadi bisa pamer atau sekadar gengsi. Tapi ingat, ada utang cicilan KTA yang sudah menunggu untuk dilunasi. Lebih bijak gak memaksakan demi punya gaya hidup yang gak pas sama finansial.  

3. Pesta pernikahan

Siapa sih yang gak mau pesta pernikahannya terselenggara dengan megah dan meriah? Hampir setiap calon mempelai pastinya memimpikan hal itu. Tapi sudah jadi rahasia umum kalau yang namanya pesta pernikahan butuh biaya besar.

kredit tanpa agunan
Jangan sampai deh pernikahanmu jadi judul FTV “Pernikahanku Terjegal KTA” kan gak lucu ya (Venue Pernikahan / cara.pro)

Banyak detail yang harus dipersiapkan karena ingin berbagi kebahagiaan dengan banyak orang. Mulai dari sewa gedung resepsi, makanan, souvenir, jasa fotografer, cetak undangan, hingga baju pengantin.

Apalagi Indonesia, pernikahan itu melibatkan keluarga besar dari kedua mempelai. Bisa dibayangin semakin besar keluarganya ya semakin banyak biaya. Memutuskan ambil KTA buat biaya pesta pernikahan hanya akan menambah beban di masa depan.

Setelah menikah jangan-jangan malah stres dengan cicilan utang KTA, bukannya fokus nabung buat keluarga baru. Belum lagi kalau sudah ada kewajiban cicilan KPR atau kendaraan. Bagaimana kalau nanti ada anak? Biaya membesarkan anak gak sedikit loh. Tuh, jadi banyak kan utangnya.

Kredit Tanpa Agunan atau biasa disebut KTA memang bisa jadi salah satu solusi saat sedang butuh dana ekstra. Sifatnya yang mudah dan cepat dibanding jenis pinjaman lain, jadi daya tarik yang gak bisa disangkal.

Kesadaran bahwa KTA adalah sebuah komitmen dan tanggung jawab yang gak main-main harus ditanamkan dalam benak. Saat kita sudah bisa memilah dan bijak mengelola utang, silahkan saja. Ingat ya, yang namanya utang itu harus dilunasi!

 

 

Yang terkait atikel ini:

[Baca: Kamu Boleh Ngajuin KTA Kalau]

[Baca: Ini 5 Produk KTA dengan Bunga Terendah]

[Baca: Gaji di Bawah Rp 3 Juta Bisa Pinjam Kredit Tanpa Agunan Loh]