Ingin Beli Mobil dengan Gaji Rp 3 Juta, Udah Pertimbangkan 5 Hal Ini?

Tuntutan hidup yang serba modern nyatanya mengubah cara berpikir masyarakat yang menganggap mobil sebagai salah satu kebutuhan. Hingga akhirnya banyak yang beli mobil tanpa pikir panjang.

Kondisi tersebut didukung dengan banyaknya para produsen yang menawarkan cicilan mobil murah bahkan untuk mereka yang memiliki penghasilan Rp 3 juta.

[Baca: Produk Cicilan Mobil Murah buat yang Bergaji Rp 3juta Udah Ada, Tapi Yakin Beneran Mampu?]

Alhasil semakin banyak masyarakat yang berkeinginan untuk memiliki mobil sendiri. Nah, buat kamu yang ingin beli mobil tapi penghasilan Rp 3 juta per bulan, sebaiknya pertimbangkan dulu lima hal penting ini.

Apa saja itu? Yuk simak selengkapnya di sini:

1. Tenor panjang

beli mobil
Tenor cicilan mobil hingga 8 tahun (zonahonda)

Program cicilan murah, bahkan bisa untuk mereka yang berpenghasilan Rp 3 juta per bulan memang sangat menggiurkan.

Tapi program cicilan murah beli mobil itu pasti memiliki alasan salah satunya adalah tenor yang cukup panjang.

Jika normalnya orang mencicil mobil dengan cicilan Rp 3 jutaan setiap bulannya selama tiga hingga empat tahun.

Nah, kemungkinan kamu bisa mencicil mobil enam hingga delapan tahun lamanya dengan cicilan Rp 1 juta per bulan.

Walaupun terlihat kecil yaitu Rp 1 juta per bulan, tapi pernah kah kamu terbayang selama delapan tahun itu banyak hal yang bisa terjadi seperti kondisi ekonomi, pekerjaan atau keperluan mendesak lainnya.

Dengan gaji Rp 3 juta per bulan dan dipotong Rp 1 juta untuk cicilan mobil, berarti sisa uang kamu sebesar Rp 2 juta.

Apakah kira-kira dengan sisa uang Rp 2 juta itu cukup untuk membiayai hidupmu selama satu bulan.

Penting diingat, jangan sampai kamu mengalami kesulitan keuangan hanya karena mencicil mobil Rp 1 juta per bulan.

2. Mengatur keuangan

beli mobil
Atur keuangan juga biar gak keteteran (dakwatuna)

Sebelum memutuskan untuk beli mobil dengan program cicilan murah yaitu sebesar Rp 1 juta per bulan.

Sebaiknya kamu mengatur keuanganmu terlebih dahulu untuk kebutuhan pokok yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

Seperti untuk makan sehari-hari, bayar listrik dan air, serta menabung untuk keperluan dana darurat setidaknya 20 persen dari penghasilanmu.

Pikirkan juga uang bensin yang harus kamu keluarkan setiap bulannya. Karena itu disarankan agar kamu gak terburu-buru tergiur untuk beli mobil cicilan murah.

Jangan sampai demi memiliki mobil sendiri, kebutuhan primer, sekunder serta dana darurat malah gak terpenuhi.

Gak mau kan kamu kelaperan hanya karena ingin punya mobil sendiri?

3. Bensin boros karena macet

beli mobil
Macet bikin bensin jadi boros, pasti stres banget kan? (infodaihatsu-bandung)

Kini hampir semua ruas jalan di kota-kota besar di Indonesia dipenuhi dengan kendaraan bermobil yang hasilnya membuat jalanan macet.

Saat jalanan macet, tentu kamu gak bisa menambah kecepatan mobil dan mau gak mau kamu harus mengendarai mobil dengan kecepatan rendah.

Tahukah kamu, kalau kondisi itu ternyata dapat membuat bahan bakar menjadi semakin boros.

Gak hanya membuat kamu harus mengeluarkan duit lebih untuk beli bensin, kamu juga akan terlambat sampai ke tempat kerja yang bisa berpengaruh dengan penilaian kedisiplinanmu.

Karena itu, sebaiknya kamu benar-benar mempertimbangkan lagi apakah kamu butuh mobil untuk mempermudah transportasi atau justru malah sebaliknya.

[Baca: Daripada Bensin Menguap karena Terjebak Macet, Kamu Bisa Tunda Jam Pulang Kerja dengan Lakuin Hal-hal Ini Kok]

4. Bujet untuk perawatan

beli mobil
Service mobil juga menguras kantong banget lho (carreview)

Agar mobil tetap awet dan gak gampang rusak, kamu harus melakukan perawatan mesin dan suku cadang yang harus dilakukan secara teratur dan berkala setiap dua bulan.

Perlu kamu ketahui kalau biaya perawatan suku cadang tidaklah murah, seperti untuk ganti oli aja kamu bisa mengeluarkan sebesar RpĀ 300 ribu – Rp 350 ribu.

Belum lagi kalau ada beberapa onderdil yang harus diganti. Semakin ditunda diservice kondisi mobil malah semakin parah dan yang ada biaya yang harus kamu keluarkan pun semakin besar.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu memikirkan terlebih dulu bagaimana cara membayar biaya perawatan mobil serta suku cadangnya nanti sebelum memutuskan untuk beli mobil.

[Baca: Ayo Berubah, 6 Hal Ini Bikin Bujet Perawatan Mobilmu Membengkak Lho]

5. Biaya administrasi dan pajak

beli mobil
Siapin bujet juga untuk bayar administrasi sama pajak ya (camargus)

Selain kamu harus memikirkan biaya perawatan dan suku cadang saat memutuskan untuk beli mobil. Kamu juga masih berhadapan dengan pajak, administrasi serta asuransi mobil yang harus dilengkapi.

Namun biasanya beberapa biaya seperti administrasi dan asuransi mobil akan ditambahkan ke jumlah DP (Down Payment).

Karena itu, kamu jangan kaget kalau tiba-tiba total DP membengkak akibat biaya tambahan itu.

Sedangkan pajak mobil, kamu tetap harus menyisihkan uang untuk bayar pajak mobil tahunan dan juga lima tahun.

Nah, itu dia lima hal penting yang harus kamu pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk beli mobil untuk kamu yang berpenghasilan Rp 3 juta per bulan.

Pikirkan masak-masak biaya apa saja yang nanti harus kamu tanggung saat memiliki mobil. Jangan sampai karena nafsu semata ingin punya mobil membuat keuanganmu jadi kritis. Semoga membantu!