Gak Cuma Jago di Lapangan, 6 Pesepak Bola Ini Kini Sukses Berbisnis

Sepak bola emang jadi ladang duit banget buat para pemain bola dunia. Akan tetapi, para pemain bola terkaya ini ternyata gak cuma mengandalkan aksi mereka di lapangan lho. Mereka juga mencoba sumber lain. Salah satunya adalah berbisnis!

Meski bermain bola sangat menjanjikan buat masa depan, para pemain bola ini menerapkan prinsip “jangan menaruh semua telur di keranjang yang sama”. Dengan begitu, mereka bisa menambah kekayaan mereka sekalian jaga-jaga bila ternyata aksi mereka di lapangan harus terhenti.

Penasaran siapa aja pemain bola yang sekarang sukses berbisnis? Yuk, simak daftar berikut ini.

1. Mathieu Flamini

Mantan gelandang Arsenal dan AC Milan ini malah berbisnis di bidang yang jauh banget dari kariernya selama ini. Usaha yang dia kelola berbau science banget, lho!

Flamini bekerja sama dengan GF Biochemicals, sebuah perusahaan yang memproduksi zat asam levulinat dan turunannya. Dari bisnis tersebut, Flamini bisa menghasilkan omzet 20 miliar Euro alias Rp 336 triliun. Perusahaannya mampu mempekerjakan sekitar 400 orang.

Lewat perusahaan ini, Flamini masuk daftar seratur pemimpin perusahaan yang menjanjikan di World Economic Forum.

2. David Beckham

A post shared by David Beckham (@davidbeckham) on

Siapa sih yang gak kenal sama David Beckham? Mantan pemain bola yang besar di Manchester United dan pernah bermain di Real Madrid ini pun melanjutkan kariernya di dunia bisnis.

Punya wajah tampan tentu jadi salah satu keuntungan buat Beckham. Gak heran kalau dia sering dicatut sebagai model berbagai brand. Gak puas dengan bekerja bersama orang lain, Beckham mendirikan lini fashion sendiri bersama sang istri, Victoria Beckham.

Selain berbisnis fashion, Beckham juga dikenal sebagai investor. Salah satu perusahaan yang dia gelontorkan dana adalah DB Ventures Limited. Dari perusahaan investor tersebut, Beckham memperoleh dividen mencapai 29 juta poundsterling atau sekitar Rp 553 miliar.

3. Steve Howard

Setelah sukses di lapangan, Steve Howard menjalani bisnis yang cukup unik. Pemain kelahiran Inggris ini membangun bisnis konsultasi buat para pemain bola buat mengelola uang mereka. Bisnis tersebut dia bangun dengan nama Platinum Capital Investments.

Selain itu, Steve Howard juga selalu menginvestasikan uangnya ke berbagai properti. Kemudian, dia pun cukup rajin jadi investor buat beberapa perusahaan lainnya, salah satunya adalah perusahaan telekomunikasi.

4. Gennaro Gattuso

Gennaro Gattuso adalah pemain tim nasional Italia yang kini bermain di klub Sion, Swiss. Gennaro Gattuso ternyata punya bisnis yang cukup unik selain bermain bola.

Pemain kelahiran tahun 1978 ini berjualan ikan dengan membuka toko ikan di tahun 2010. Bahkan, Gattuso berujar bahwa bisnis tersebut adalah “mimpi yang akhirnyat terwujud”. Pasalnya, dia emang pengin banget jadi nelayan saat kecil. Namun, sekarang dia malah terjun ke dunia yang benar-benar berbeda yaitu sepak bola.

5. Rio Ferdinand

A post shared by Rio Ferdinand (@rioferdy5) on

Pemain asal Inggris ini bermain sebanyak 81 kali buat tim nasional Inggris saat FIFA, yaitu dari tahun 1997 sampai 2011. Pemain emas ini sekarang melanjutkan karirnya di dunia bisnis.

Bisnis yang dijalankan oleh Ferdinand pun cukup beragam, mulai dari musik sampai dengan kuliner.

Adapun bisnis musik yang dia bangun adalah mendirikan label musik bernama White Chalk Music. Kemudian, dia juga membuka restoran Italia bernama Rosso di daerah Manchester pada tahun 2011 lalu.

Ferdinand juga ke terjun ke dunia media dengan mendirikan Majalah #5 yang nama tersebut diambil dari nomor punggungnya. Bahkan, dia juga menggunakan nomor punggung tersebut sebagai nama bisnis fashion-nya FIVE Supply. Lini fashion tersebut menyediakan beragam pakaian olahraga, seperti sepatu sampai dengan aksesoris.

6. Cristiano Ronaldo

Sebagai orang zaman now, siapa sih yang gak kenal sama Cristiano Ronaldo? Pemain di klub Real Madrid asal Portugal ini emang sedang naik daun beberapa tahun terakhir.

Gak heran kalau banyak brand yang meminta dia jadi brand ambassador buat produk mereka. Sama halnya seperti David Beckham zaman dululah. Namun, Ronaldo gak puas dengan tawaran tersebut aja.

Pemain muda ini pun terbukti lihai memanfaatkan pamor dirinya buat membangun kerajaan bisnis. Beberapa bisnis yang dia kelola saat ini adalah bisnis fashion yang menggunakan namanya “CR7” dengan merilis produk sepatu dan celana dalam. Kemudian, Ronaldo pun mendirikan hotel bintang lima bernama Pestana CR7 di Portugal.

Tentu aja gak lengkap rasanya bila udah punya banyak uang tanpa investasi. Ronaldo pun berinvestasi dengan membeli beberapa apartemen mewah di Lisbon.

Keren-keren banget ya para pemain bola terkaya ini! Nah, kamu bisa tiru mereka nih dengan mencoba bisnis yang cukup berbeda dari karirmu saat ini.