Curhat Duit: Ya Tuhan, Kuatkanlah Imanku dari Godaan Sale

 

Curhat Duit adalah kolom khusus yang diadakan di www.moneysmart.id karena banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang dikirim ke kami seputar masalah keuangan. Ini lah yang membuat kami ingin mencoba membantu memberikan solusi sebisa mungkin. Curhat Duit pun menjadi bentuk komunikasi langsung antara www.moneysmart.id dan pembaca setianya, selain lewat Forum.DuitPintar.com

Curhat Duit kali ini datang dari email yang masuk ke [email protected] yang berasal dari seorang resepsionis yang ingin memperoleh tips menahan hasrat belanja diskonan.

duitpintar

bantuin gue dong!! gue butuh banget tips nih buat ngadepin hobi belanja gue. Gue paling ga kuat sama yg namanya diskonan, apalagi sekarang lagi banyak banget diskonan dimana-mana, ga online ga di toko. Gue suka lupa diri kalo udah liat diskonan, plis tolong kasih gue tips okenya.

Lupa ngenalin diri, nama gue Dila, gue kerja jadi resepsionis perusahaan di Tangerang. Gaji gue sebulan terima bersihnya 3juta. Gw Blm berkeluarga, pengeluaran rutin sebulan gw kurang lebih 2jutaan buat bayar kosan sama keperluan harian.

Tolongin gueeeee…

Email dapat dilihat di sini: http://forum.duitpintar.com/question/curhat-duit-ya-tuhan-kuatkanlah-imanku-dari-godaan-sale/

Jawaban:

Halo Dila,

Terima kasih ya untuk emailnya,

Jangan sedih dan gundah gulana tingkat Kabupaten ya Dila hehehe. Masalah yang kamu hadapi itu masalah klasik yang dihadapi oleh hampir semua perempuan kok. Perempuan memang selalu ingin terlihat menarik, salah satunya lewat apa yang dikenakan.

Jadi gak heran kalau hasrat belanja baju dan kawan-kawannya itu jadi dominasi kaum hawa. Sah-sah aja sih, apalagi pakai uang sendiri dan sebagai bentuk reward buat kerja keras diri sendiri. Yang jadi kebablasan dan lebay itu kalau frekuensi belanjanya gak terbendung.

Kebanyakan sih berakhir dengan kebiasaan belanja yang impulsif dan tentu saja kelewat boros. Gak sedikit yang rela berutang ke sana-sini demi menuntaskan hasrat belanjanya itu. Padahal belum tentu juga semua yang dibeli itu digunakan, gak sedikit yang cuma jadi sampah. Sia-sia dong!

Supaya kamu gak terjebak dalam pola belanja yang kayak gitu dan terhindar dari godaan sale, simak dulu beberapa tips berikut ini ya:

1. Tentukan Budget

Hal pertama yang harus kamu lakuin adalah tentuin budget belanja setiap bulan. Kenapa? Ya ini buat pedoman kamu biar setiap bulan gak ngawur ngeluarin duit buat belanja. Istilahnya itu rambu-rambu kamu setiap ngelihat barang-barang diskonan atau sale.

Semisal, dengan gaji Rp 3 juta sebulan dan pegeluaran total Rp 2 juta sebulan, ada sisa Rp 1 juta kan.  Katakanlah kamu ambil Rp 500 ribu untuk budget belanja kamu setiap bulan. Ingat ya, jangan cuma jadi wacana aja tuh budget. Disiplin dan praktekin.

2. Belanja Sesuai Budget

Menghilangkan sebuah kebiasaan itu pastinya gak mudah. Paling gak coba dikurangi aja sama halnya kayak belanja. Setelah nentuin budget belanja, ya jangan cuma tinggal sebagai teori aja. Bukan berarti gak boleh belanja loh, cuma ikutin aturan main.

Kalau emang ternyata ada Sale yang harganya masih sesuai dengan budget kamu, why not? Beli aja!

Kamu juga harus hati-hati saat memutuskan akan berbelanja barang diskonan, pastikan dulu beberapa hal biar uang yang kamu keluarkan itu optimal.

1. Survey

Sebelum belanja coba bandingan harga produk dari beberapa tempat yang menjual produk serupa. Ini bisa mencegah kamu dari jebakan diskon yang harganya sudah dinaikkan sekian kali lipat. Padahal di toko lain produk yang sama dengan kualitas yang sama dijual dengan harga yang jauh lebih murah.

2. Teliti

Yang namanya diskonan biasanya produk akan ditata secara acak dalam tumpukan. Pastikan kamu benar-benar teliti dan jeli periksa kualitas produk. Karena biasanya yang banyak didiskon adalah produk-produk model lama.

Bahkan kalau kamu jeli, kamu bisa loh memperoleh produk yang terbilang baru tapi harga diskon.

3. Siapkan Waktu Khusus

Kalau emang mau dapat barang yang bener-bener bagus dengan harga diskon beneran, siapkan waktu khusus, fisik juga mental kamu. Namanya SALE pasti harus berjibaku rebutan dengan orang banyak.

4. Jadi Pembeli yang Bijak

Jangan lapar mata, emang sih murah, tapi kalau sebenarnya gak akan terpakai sama kamu ya ngapain dibeli? Lebih baik uangnya untuk membeli produk yang benar-benar kamu suka dan bermanfaat. Jadi pembeli bijak dan cerdas dong.

5. Ajak Teman

Ini adalah kunci pamungkas terakhir buat ngebantu kamu mengendalikan diri dari pengeluaran yang membabi buta saat ada di tengah-tengah barang diskonan. Tapi jangan ngajak teman yang gila belanja juga ya, ajak teman yang lebih bisa berhemat dibandingkan kamu.

Intinya, semua dikembalikan ke niat kamu masing-masing. Seringkali kita hanya fokus ke tanda ‘SALE’ dan ‘DISKON’ tanpa pikir panjang. Padahal gak semua sale dan diskon itu benar-benar menguntungkan konsumen loh. Gak sedikit yang harganya sudah dinaikkan berkali-kali lipat.

Coba bayangkan kalau kamu bisa lebih disiplin dan mengendalikan hasrat belanja, pasti kamu sudah punya tabungan yang nominalnya cukup untuk membeli sebuah rumah.

Semoga Dila bisa praktekin tips-tips kita di atas ya. Selamat menahan diri dari godaan diskon!