5 Hal Gak Penting yang Harus Kamu Jauhin Biar Karir Makin Baik

Dalam dunia kerja, ada hal-hal gak penting yang harus kamu buang jauh-jauh demi kesuksesan. Hal-hal ini sebenarnya sepele, tapi diam-diam bisa menjegalmu lho.

Repotnya lagi kalau hal-hal ini sudah jadi kebiasaan. Bakal butuh usaha lebih buat ninggalinnya.

Tapi demi masa depan yang lebih baik, harus usaha dulu dong. Simak nih 5 hal yang harus kamu buang jauh-jauh supaya karier semakin mulus.

1. Sibuk mikirin pakai baju apa hari ini

“Nanti ngantor pakai baju yang mana ya? Yang ini kayaknya udah dipakai minggu lalu, harus yang beda dong tiap 2 minggu.” Ingat loh, kamu karyawan bukan model.

hal gak penting
Gara-gara kelamaan mikirin mau pake baju apa, malah jadi kesiangan ke kantor kan gak banget ya (bingung pilih baju / tokounix)

Sibuk mikirin hal yang begini justru bisa mengurangi produktivitasmu. Coba lihat orang-orang sukses seperti Steve Jobs, Mark Zuckerberg, dan Bill Gates. Gak jarang mereka terlihat pakai baju yang itu-itu saja saat berbicara di depan publik.

Contoh lain, Albert Einstein juga dikabarkan selalu memakai jas abu-abu yang sama karena gak mau buang-buang waktu mikir mau pakai baju apa. Mending mikir buat berinovasi kan?

Seorang konsultan bernama Dan Schawbel pernah mengatakan bahwa publik figur cenderung konsisten dalam urusan pakaian. Mereka ingin pakaian yang sering mereka gunakan menjadi identitas diri.

Tapi jangan lantas kayak tokoh kartun juga, yang pakai baju sama setiap episode. Ganti baju itu penting. Berpikir lama hanya untuk menentukan mau pakai baju apa, itu baru salah.

2. Baper dalam urusan kerja

Selalu bawa perasaan alias baper dalam urusan kerja itu gak baik. Kamu harus bisa bedakan mana urusan pribadi dan yang profesional.

hal gak penting
Cukup urusan cinta aja yang baper ya Mblo (conflict / thenest)

Ketika kamu menerima kritik dari seseorang, jangan lantas itu membuatmu down. Ujung-ujungnya gak mau ketemu dengan rekan kerja yang sering mengkritikmu. Gak mau balas emailnya juga. Alhasil, kamulah yang dinilai gak profesional.

Dalam urusan kerja, kritik itu biasa dan kamu pun bisa mengkritik orang. Asal kritiknya membangun ya. Jangan sampai konflik di ranah kerja merambah ke hubungan pribadimu dan rekan kerja.

3.  Sibuk mikir mau makan apa

Banyak yang gak sadar kalau kita sering menghabiskan waktu cuma buat memutuskan mau makan apa.

Baru juga datang pagi ke kantor sudah sibuk mikir nanti siang makan apa. Kalau kamu food blogger ya mungkin itu wajar, harus dipikirin karena nge-review makanan adalah kerjaanmu.

hal gak penting
Gini nih ekspresi kelamaan mikir mau makan apa dan pas ketemu jam makan siang udah abis (Makan siang/ kucinggue)

Yang lebih menyita waktu lagi adalah ketika kamu mau makan di luar bareng rekan kerja. Proses memutuskan mau makan apa semakin lama karena tiap orang punya keinginan yang berbeda-beda. Bisa-bisa belum juga mulai makan, jam makan siang udah abis.

Perkara sepele kayak gini harusnya bisa diselesaikan dalam sekejap. Pesan aja makanan lewat OB atau bawa bekal dari rumah. Gak perlu repot lagi kan mikir mau makan apa dan di mana?

4. Sibuk mikirin kapan gajian

Baru aja gajian, sudah sibuk mikirin gajian bulan depan masih lama. Gimana mau fokus kerja, jangan-jangan gajinya sudah habis duluan.

Tujuan bekerja itu ya buat hidup. Duit gaji ya buat beli kebutuhan sehari-hari dong.

hal gak penting
hmmm sudah kuduga gajian bulan ini telat. hih amit-amit ya hush hush (sudah kuduga / bintang)

Kalau sudah gajian ya harusnya semangat lagi buat kerja. Bukan malah mikir “gajian selanjutnya masih lama ya.”

5. Sibuk mikir rencana hangout weekend

Belum juga hari Jum’at sudah galau weekend mau jalan kemana dan sama siapa. Ujung-ujungnya selama kerja yang dipikirin ya hangout-nya, bukan kerjaan.

Kurang-kurangin deh mikirin hal yang gak penting kayak gini. Hangout itu gak salah, tapi yang utama kan tetap saja “kerja”.

Sibuk mikirin hangout sampai lupa mikirin target selama sebulan ya gawat. Mau ngomong apa coba ke bos kalau kamu gak achieve gara-gara gak fokus kerja.

Wajib diperhatikan ya, memikirkan 5 hal ini gak salah. Yang salah cuma kalau kamu “terlalu sibuk” mikirinnya sampai menyita waktu yang seharusnya bisa dipakai untuk kerja.

So guys, jangan terlalu sibuk mikirin hal gak penting ya. Nanti kerjaanmu gak selesai-selesai loh.  

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Kamu Pekerja Shift Malam? Jangan Sedih, Ini 4 Keuntungan yang Bisa Didapat]

[Baca: Ini Nih 6 Hal yang Bukan Gak Mungkin Bikin Karir Kamu Hancur]

[Baca: Karir Itu Pencapaian Diri, Bukan Tentang Siapa yang Paling Tinggi]